Tuesday, July 23, 2013

Kalimat dari Hati

Judul: Kalimat dari Hati

Penulis: @KalimatDariHati
Penerbit: Grasindo
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 68 halaman
Harga: Rp 34.000
Rating: ★★★

Buku ini diberikan secara gratis untuk diresensi.

@KalimatDariHati, akun twitter yang berdiri sejak tanggal 7 Januari 2012. Mulut bisa saja berdusta, tapi hati tidak bisa untuk dibohongi. Jujur ah tentang perasaanmu, apa pun yang kau rasakan ungkapkan saja. Bukankah itu lebih baik daripada terus membohongi perasaanmu? Semua perasaan yang kamu rasakan akan dirangkai menjadi sebuah kalimat di akun @KalimatDariHati. Perasaan sedih, senang, jatuh cinta, kecewa, sakitnya sebuah pengkhianatan, semua tertuang di @KalimatDariHati.

Galau's booster adalah sebutan yang aku rasa tepat untuk buku ini. Sebanyak dua belas cerita pendek ditulis dari hati yang berbeda. Setiap awal cerita selalu ada puisi yang sangat indah sebagai pembuka. Aku berkali-kali membaca ulang puisinya karena aku terpesona. Oh, seandainya saja aku bisa menulis puisi seindah itu. Semua kisah sangat mudah untuk dicerna, namun sayang ada beberapa kisah yang dituliskan sekenanya saja. Beberapa kisah itu, menurutku, disingkat secara kasar. Jadi rasanya aku ingin bilang, "Hey, bahas yang tadi dulu dong. Jangan main pindah aja." Kesalahan penulisan juga tidak bisa dielakkan dalam tiga kisah pertama. Aku sempat bingung waktu baca kisah yang berjudul 'Ada Cinta di Balik Sikap Dinginmu'. Cowok dingin itu namanya Vino, tapi disebut juga sebagai Vian dan Alvy. Nah terus nama yang bener apa?

Jika buku ini dianggap fiksi, mungkin aku bakal bilang buku ini tidak direkomendasikan. Berhubung ini kisah-kisah nyata followers @KalimatDariHati, aku tidak bisa bilang kalau beberapa kisah ditulis secara tidak wajar dan terkesan berlebihan. Aku juga mendapati kalimat-kalimat yang tidak konsisten, semua percakapan ditulis dengan bahasa gaul tapi beberapa kalimat ada yang bercampur dengan bahasa resmi. Hal ini membuatku merasa aneh saat membacanya.

Diluar semua kekurangan itu, two thumbs up for the poetry. Aku juga suka covernya yang manis dan gambar-gambar di setiap lembarannya. Kisah-kisah favoritku adalah 'Sayang, Lebih dari Sekedar Teman' oleh @nimanpaniman, 'Anemone', dan 'Satu Jam Saja' oleh @fikyfikydu. Ketiga kisah itu ditulis secara apik menggunakan kalimat yang sangat puitis tapi tidak berlebihan. Justru dua dari ketiga kisah itu termasuk kisah yang singkat. 'Anemone' bahkan hampir tanpa kalimat langsung. Waktu aku baca ketiga kisah itu, aku bisa merasakan apa yang dirasakan oleh penulis. Semua kata-katanya mengena di hati.

Buku ini aku rekomendasikan untuk kalian yang suka menulis atau membaca puisi dan untuk kalian yang mungkin sedang berusaha move on. Semua kisah di dalam buku Kalimat Dari Hati ini memiliki banyak pelajaran yang bisa dipetik. Beragam masalah cinta yang sering dihadapi oleh galauers ada disini. Kalau mereka bisa menyelesaikannya, kenapa kalian tidak? ;)

Puisi Favorit:

Pernahkah?

Pernahkan kamu tahu...
tentang rasa
tentang bahasa
tentang semua yang keluar dariku
Pernahkah kamu merasa...
tentang sikap
tentang sebuah alasan
tentang secuil perhatian dan tentang sepercik rindu

Pernahkah kamu membaca...
raut muka nan melebur dengan perasaan
kata yang berbaur dengan ketidakberanian
dan perhatian yang mungkin tak pernah kamu rasakan
Semuanya dariku
semuanya dari hatiku
dari sebuah keihklasan
tentang indahnya ketulusan
dan hanya untuk sebuah
senyuman!


2 komentar:

  1. Aku juga punya buku ini beli bulan kemarin, tapi covernya udah berubah, dan aku dibuat terkecoh olehnya :( bayanganku sih kayak milik MOammar Emka gitu deh, eh tahunya dalemnya kumcer dan beberapa quote. Puisinya lumayan lah menurutku hehehhe berarti buku ini dicover ulang kali ya?
    anemone, satu jam saja, semua yang kamu sebutin ada di buku dengan cover yang baru :( tadinya beli mau aku resensiin di korjak, eh tahunya begindang :D buat pengalaman deh supaya ati2 beli buku lagi.

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya aku agak pesimis sama buku-buku selebtwit :"(
    Tapi kalau baca dari review ini, kurasa buku ini cukup cocok untukku. Yang galauer.

    Nice review!

    ReplyDelete