Saturday, May 18, 2013

Book Review: Her Sunny Side by Koshigaya Osamu

Judul: Hidamari no Kanojo (Her Sunny Side)
Penulis: Koshigaya Osamu
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2013
Halaman: 224
Harga: Rp 51.000 (Hadiah giveaway dari Mbak Yuska)
Rating: ★★★

Sinopsis:
"Apakah kau sendiri juga menganggap bertemu denganku adalah takdir?"
Setelah sepuluh tahun, aku bertemu kembali dengan teman masa kecilku. Berbeda dengan dirinya dulu yang dijuluki 'Anak Paling Bodoh Di Sekolah' dan sering ditindas, kini ia bertransformasi menjadi seorang gadis jelita yang serba bisa, sekaligus sukses dalam pekerjaan. Tetapi, ternyata gadis itu menyimpan sebuah rahasia masa lalu yang tak pernah kubayangkan sebelumnya. Perlahan tapi pasti, sedikit demi sedikit rahasia itu terbongkar. Apakah aku bisa menerima rahasia itu apa adanya? Apakah kisah cinta kami bisa berakhir bahagia? Selalu ada kegetiran yang mengiringi sebuah kebahagiaan saat kita menyukai seseorang. Novel ini menggabungkan keduanya dengan manis. 
Review:
Novel ini merupakan novel terjemahan Jepang saya yang pertama. Thanks to Mbak Yuska yang ngadain giveaway berhadiah Her Sunny Side. Saya masih ingat hari itu benar-benar sibuk dan saat saya scrolling down twitter, eh ada tweet yang bunyinya "Selamat @smilingnath...." Senang banget pastinya! Paketnya sampai dengan selamat kemarin. Jadi seharian ini saya berkutat dengan Her Sunny Side :)


Cara penyampaian ceritanya sangat mudah dipahami. Berbeda dengan Youth Adagio yang mengambil setting di Jepang, saat membaca novel ini saya sama sekali tidak merasa seperti sedang membaca komik. Memang, saat sudah melewati pertengahan halaman, saya merasa agak ragu, "Lho, sudah setengah halaman kok konfliknya gini aja?" Pertemuan sejoli itu pun terkesan singkat dan biasa saja. Konflik awalnya hanya kebenaran masa lalu yang dengan enggan diungkapkan. Saya makin mengernyit saat belum juga ada konflik berbobot yang diangkat sewaktu lembaran di sebelah kanan makin menipis. 

Nah! Oke, ini bukan konflik seperti cerita-cerita Agatha Christie dan J.K. Rowling, tapi cerita ini ternyata unik sekali! Selama ini saya belum pernah menemui cerita yang seperti ini. Ditinjau dari sinopsisnya, novel ini seperti hanya akan bercerita tentang sepasang kekasih dengan konflik mainstream. Siapa sangka ternyata sinopsisnya justru menipu. Untuk ukuran cetakan pertama, saya hanya menemukan kesalahan pengetikan pada satu kata di bagian akhir cerita. Itu saja (well done, penerbit haru!). Saya tidak bisa memberi novel ini lebih dari tiga bintang. Hanya keunikannya saja yang saya suka. Tapi novel ini memberikan rasa haru tersendiri bagi saya. Saya tidak akan menyangkal bahwa saya sempat menangis!

Additional News:
Novel karya Koshigaya Osamu ini diangkat ke layar lebar dan akan segera rilis bulan Oktober tahun 2013. Memakai judul 'The Girl In The Sun', Juri Ueno dipercaya untuk memerankan karakter Mao dan Jun Matsumoto sebagai Kosuke.


6 komentar:

  1. wah mba ini penggemar buku yaah banyak sekali bukunya mbaaa... wiiih

    ReplyDelete
  2. awalnya aku juga ngrasa kok ceritanya gini terus ya? ketauan pas baca endingnya :))

    ReplyDelete
  3. Wah, dramanya dibintangi Juri Ueno dan Jun Matsumoto ya? Dua2nya bintang kesukaankuuuu....harus nonton. Dan harus baca bukunya juga sepertinya :)

    ReplyDelete