Saturday, May 25, 2013

Book Review: Jurnal Jo by Ken Terate

Judul: Jurnal Jo
Penulis: Ken Terate
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2008
Halaman: 236
Harga: Rp 35.000
Rating ★★

Sinopsis:
Peraturan menjadi remaja: (1) Tidak boleh memakai celana pendek, apalagi di depan cowok (2) Punya baju dan aksesoris yang oke, apalagi yang bisa membedakanmu dari anak-anak SMP yang seragamnya sama membosankannya (3) Harus memakai deodoran, walau geli rasanya (4) Memakai pakaian dalam yang seharusnya, sesuai pertumbuhanmu (5) Harus punya geng yang keren, meski mereka sangat menjengkelkan, tahan saja, daripada dicap remaja kuper (6) Harus punya pacar, ini syarat supaya kamu diakui sebagai remaja keren.
Ternyata susah banget jadi remaja, sampai-sampai kadang-kadang aku (Jo Wilisgiri, 12 tahun) berharap aku nggak perlu tumbuh. Aku kangen banget pada masa SD-ku. Apalagi aku mulai kehilangan sahabat baikku dan dikhianati cowok yang kukagumi. Satu kata untuk masa SMP-ku: MENGERIKAN!
Review:
Wah, buku ini membuat saya seakan kembali ke zaman SMP, seperti Jo. Jo akan masuk SMP bersama sahabat baiknya, Sally, dan juga ayahnya! Belum-belum Sally sudah menyebalkan. Dia mulai mencari informasi bagaimana menjadi anak populer di SMP, meski jalan yang diambilnya salah besar. Di saat Jo ingin sekali membuat jarak dengan Sally, sang ayah justru memasukkan mereka berdua di kelas yang sama. Keadaan tidak menjadi lebih baik saat geng-nya Sally mendekati Jo. Ternyata mereka ingin soal ulangan bahasa Jawa besok. Waduh!

Kisahnya cukup menarik. Jo digambarkan sebagai sosok yang beranjak remaja dan sedang mencari jati dirinya. Dia dihadapkan dengan masalah menghadapi ibunya yang super irit, dengan sahabatnya yang berubah total, teman-teman yang suka memanfaatkannya, dan mencari pacar! Ceritanya relatable. Lumayan lah untuk bernostalgia. Saya senang karena saya dulu memilih jalan seperti Jo, tidak memaksakan diri.

Tentang Penulis:
Just call me Ken. Aku tinggal di Jogjakarta (sejak lahir belum pernah pindah!). Aku lulusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada. Hobi utamaku tentu saja: nulis. Aku sudah gemar nulis sejak SMP. Nggak pernah aku absen ikut klub jurnalistik waktu SMP dan SMA. Aku paling suka nulis cerpen, sampai-sampai pas ujian matematika di SMA aku malah nulis cerpen di lembar soalnya (maklum, aku stres berat kalo ngadepin angka, jadi lebih baik nulis cerpen, kan?). Dulu aku sering nulis cerpen untuk buletin SMA-ku. Aku pernah bekerja sebagai instruktur bahasa Inggris di sebuah lembaga kursus, juga sebagai penerjemah. I really enjoy my job. Di antara kesibukanku, aku selalu nyempetin nulis cerpen sebelum atau sepulang kerja. Ini novel pertamaku. Temanya kudapetin setelah membongkar memoriku waktu aku masih teenager. Semoga kamu suka! O iya, kalau kamu penasaran dan pengin tahu lebih banyak tentangku, emailaja ke nikenjogya@yahoo.com.

0 komentar:

Post a Comment