Sunday, October 27, 2013

Nganggur Galau

Judul: NGANGGUR GALAU
Penulis: @rach_char
Penerbit: nulisbuku.com; Tahun Terbit: 2013
Tebal: 143 Halaman
Harga: Rp 35.000 (Nulis Buku)

This book was given free by the author for an honest review.
"Tetangga itu adalah tokoh antagonis paling jahat disinetron kehidupan gue, kalo loe misalnya jadi kisanak yang sering naek elang, mereka pasti jadi penyihir yang sukanya naek naga gede. kalo toh loe mau lebih jahat misalnya jadi pencuri, mereka jadi perampok, kalo loe jadi waria, mereka bisa aja berubah jadi pemerkosa waria" itu pernyataan dari seorang sarjana pengangguran. buku konyol ini menceritakan pengalaman seorang fresh graduate untuk masuk ke dunia kerja.

Kisah pribadi memang kadang merupakan inspirasi terbesar saat menulis. Begitu juga dengan Char, penulis buku Nganggur Galau. Buku ini merupakan sekuel dari buku Skripsi Galau. Tentu saja, kali ini Char menceritakan kehidupannya setelah tiga kali mengulang sidang, yaitu mencari pekerjaan. Dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, Char tidak patah semangat demi melepas masa nganggurnya. Berbagai tes pun dia lalui tanpa pernah tak ada kendala. Jokes by jokes dilontarkan sehingga terkadang membuatku tertawa.

Buku #1 [Source]
Meski buku ini diterbitkan sendiri, paling tidak seharusnya format penulisannya mengikuti format kebanyakan yang diterapkan oleh major publishers. Jangan kaget saat membuka halaman pertama, karena tulisannya serba terbalik! This is the part of the funny, I guess. Yang aku nggak suka adalah font tulisannya. Terlalu besar. Seratus empat puluh tiga halaman pun terasa lebih singkat. Tapi jangan salah, aku sangat menikmati bagian awal buku ini. This is so entertaining. Menginjak beberapa bab terakhir, aku mulai terasa bosan. Guyonan-guyonan yang dipakai terkesan monotone. Aku juga sempat berpikir, sebodoh-bodohnya S1, paling enggak ada ilmu yang nyantol lah ya. Entah si tokoh memang sengaja dibuat seperti itu atau engga.

Terlepas dari kekurangan-kekurangan itu, aku 'terharu' dengan bab dimana Char menyadari hikmah dibalik perjalanan panjangnya mencari pekerjaan. Wah ternyata Char sadar juga kalau hidup nggak seburuk-buruk itulah. Di akhir cerita, Char mendapat pekerjaan di kota yang dulu dia impikan. Tapi raut wajah semua orang di ruangan itu berubah saat Char memperkenalkan dirinya adalah lulusan IT. Nah terus kenapa? Aku tidak menangkap maksudnya.

Contact the Author:
[ Twitter ] [ Goodreads ] [ Tumblr ]

1 komentar:

  1. Covernya kesannya jadul yach :) dilihat dari sinopsisnya kesannya betapa suka ikut campurnya si tetangga sampai digambarkan lebih jahat dari yang jahat :D Aku juga jadi penasaran sama "raut wajah semua orang di ruangan itu berubah saat Char memperkenalkan dirinya adalah lulusan IT." jadi pengen cari bukunya buat mengungkap misteri itu hehehehe...
    Aku belum baca buku ini jadi itu aja sih pendapatku :)

    ReplyDelete