Sunday, December 15, 2013

[K-Toon] Simple Thinking about Blood Type

SIMPLE THINKING ABOUT BLOOD TYPE #1
© 2013 by Park Dong Sun
*buku ini diberikan oleh penerbit secara gratis untuk direview*
Penerjemah: Achie Linda; Penerbit: Haru
Cetakan pertama, Desember 2013; Tebal: 262 halaman
ISBN: 978-602-7742-25-3; Harga: Rp 46.400 (BukaBuku)
Rating 4/5 bintang

Blurb:
Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas? Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita lho. Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Blood Type ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!

Review:
Awalnya aku cukup pesimis dengan buku ini karena aku bukanlah pecinta komik. Ya, ini bukan novel, melainkan komik korea yang berbentuk seperti novel. Jika dilihat dari judulnya, buku ini tidak cocok dimasukkan dalam kategori fiksi. Nah, terus gimana dong?

Tenang aja. Dalam prakata buku STABT ini, sang penulis menjelaskan bahwa dia mendapat ide untuk buku ini dari obrolan teman-temannya yang sering kali membahas golongan darah. Karena penasaran, dia pun melakukan research. Ternyata mengetahui sifat-sifat tiap golongan darah cukup membantu Park Dong Sun dalam berinteraksi dengan orang lain. Untuk itulah dia membuat buku ini, supaya orang-orang juga dapat mempelajarinya in a simple and a fun way!



Buku ini cocok sekali untuk menghibur diri saat sedang suntuk. Kalimat-kalimatnya tidak terlalu panjang, mudah dicerna, dan yang paling penting adalah mengocok perut! :)) Kalau yang ini nih juga didukung oleh gambar-gambarnya. Meski karakter-karakter yang ada tidak berwajah, tetep lucu kok. Dan yang perlu diingat adalah buku ini full color! Jadi menurutku harga yang dipatok sudah sangat wajar. Kertasnya juga setara dengan kertas majalah. Aku ingin memberikan ucapan selamat kepada Penerbit Haru karena telah berhasil mendatangnya Park Dong Sun ke Jakarta hari Jumat (13/12) kemarin. STABT ini berhasil menarik perhatian teman-temanku di kampus karena judulnya memang menarik banget. Siapa sih yang tidak penasaran dengan golongan darahnya? ;) Saat kalian membaca buku ini nanti, pasti kalian akan sibuk meng-iya-tidak-kan karakteristik si golongan darah 'fiktif' dan 'fakta'.

Tentang Penulis:
Source


Park Dong-Sun adalah lulusan Universitas Gyeongbuk jurusan Visual Information Design dan lulusan S2 Universitas Gyeongbuk jurusan School of Education. Dia juga penulis dari Diary Bergambar si Cowok Gila serial cyworld, Simple Thingking About Blood Type serial cyworld, Stoo.com, Sports Hankook, naver yang terpilih sebagai halaman dengan jumlah pelanggan nomor satu di cyworld. Dia mempunyai karakteristik golongan darah O, tetapi juga berkarakteristik golongan darah A seperti ayah dan kakak laki-lakinya, juga golongan darah B seperti ibunya. Dia adalah golongan darah O yang kompleks!
Homepage:
http://www.cyworld.com/realcrazyman
www.bloodabo.com

8 komentar:

  1. Cara lain untuk membahas tentang tipe golongan darah mungkin itu yang dimaksudkan buku ini ya mbak. Nice. Apik. Dibuat seperti komik biar ga terlalu kaku. Pssst jadi pingin punya buku ini :D

    ReplyDelete
  2. Pengen banget pnya buku ini mb, gmn caranya kt bisa menilai sseorang dr golongan darah, mn bukunya dibuat bnyak gmbr jdi lbh fresh mata bwt kt bacanya...

    ReplyDelete
  3. huahaahaha..
    #dijorokinketembok

    aku golongan darah O, kamu apa Ratri? #mulaikepo
    bener-banget buku ini asli menghibur - suka aja liat salah satu golongan darah 'fiktif' dikeroyok rame-rame, tapi yang sering di bully kok kayanya gol.darah O yah? -__-"

    Ratri - reviewmu ini kayanya kurang menceritakan isi buku deh #dikeplak
    *apa coba yang bisa diceritakan dari komik, ahahaha*

    tapi aku suka kok, soalnya ada potongan gambar isi buku - bikin ngakak yg si O dikeroyok ^_^

    ReplyDelete
  4. Jadi inget sesuatu. Udah lama pengen buku ini, tapi kayaknya belum masuk wishlist-ku, huaaaah. Pengen pinjem ke anak2 jabo ah.. #gak modal #lagi nabung

    Soalnya penasaran banget sama keempat goldar itu kalo ketemu situasi A, B, C bakal ngapain aja.. XD

    ReplyDelete
  5. penulisnya kreatif, buku nonfiksi disajikan dalam bentuk komik jadi ga ngebosenin. baru tau kalau penulis lulusan school of education. pantesan.
    sering ketawa sendiri liat kelakuan goldar. XD

    ReplyDelete
  6. Wah bakal banyak pengetahuan karakter orang-orang nih

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Mampir...:)..Teori gol. darah ga bisa dibuktikan sih ilmiahnya..sekedar lucu2an. Tapi tetap ngakak baca buku ini.Dan ada yang kedua lagi...

    ReplyDelete