Thursday, December 26, 2013

Book Tour & Giveaway: Investigasi Misteri

INVESTIGASI MISTERI
oleh Ade Candra Prihartono
Penerbit: Bukune; Cetakan I, Maret 2013
Harga: Rp 34.400 (BukaBuku)

Apa yang membuatmu takut terhadap HANTU? Penampakannya yang katanya menyeramkan, tingkahnya yang konon sering mengganggu, atau kemungkinan mereka bisa MEMBUNUHMU? Banyak hal tentang hantu yang pasti membuatmu penasaran.

Buku Investigasi Misteri akan menjawab rasa penasaranmu tentang sosok menakutkan itu lewat berbagai kisah. Ada tentang Violette yang dibangkitkan dari kubur oleh ayahnya. Onryo, hantu yang berusaha membalas dendam kepada kekasihnya. Atau, kutukan Firaun yang memakan korban para peneliti. Semua itu bukan untuk membuatmu takut, melainkan menantangmu untuk lebih berani.

Instead of calling this book as a novel, I prefer to call this as a guidance! Memang ada beberapa kisah misteri yang diceritakan, tapi aku merasa sang penulis hanya ingin mengungkapkan realitas. Di awal buku karangan Ade Candra ini, kalian akan disuguhi cara 'menilai' hantu dari kaca mata sains. Yap, siap-siaplah dengan istilah-istilah sains yang super rumit itu. Tapi tenang, Ade Candra sangat pintar mengolah kata sehingga bahasanya tidak serumit itu ;) Kalian juga akan diajak menyimak hantu dari masa ke masa. Ini adalah salah satu chapter yang menarik menurutku, hanya kurang penjelasan saja.


Buku yang tercipta dari sebuah blog ini mengajak pembaca untuk bertualang menyusuri berbagai kisah dari penjuru dunia, mulai dari mitos, urban legend, cerita rakyat, sejarah, hingga misteri. Ada 50 kisah dari berbagai penjuru dunia yang bisa kalian baca, dan setiap cerita ada fakta dibalik misterinya :) Sering kali waktu baca cerita-cerita itu, aku manggut-manggut. Banyak hal yang baru aku tau, dan hal-hal yang sudah aku tau, pasti ada hal baru yang diceritakan. Mau baca juga? Silahkan isi rafflecopter di bawah ini:


*khusus untuk yang berdomisili di Indonesia*

Tentang Penulis:
Ade Candra Prihartono lahir di Bogor, tanggal 7 Mei 1987. Saat ini, Ade tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda, Bogor. Siswa angkatan pertama dari SMK Taruna Terpadu Bogor ini, memiliki minat yang besar di bidang komputer dan sains. Dia menuangkan karyanya di blog pribadinya, Investigasi-Misteri. Ade menulis blog bertema misteri karena terinspirasi dari blog enigma yang merupakan blog misteri paling populer di Indonesia.

26 komentar:

  1. nggak tahu kenapa, kalau pocong lebih berasa horornya. Mungkin nanti kita juga akan menjadi pocong. :|

    ReplyDelete
  2. Hai, aku suka review-nya dan jadi penasaran sama buku ini. Hantu yang paling seram menurutku tuh, bukan kuntilanak atau pocong, dsb. melainkan hantu-hantu jadul kayak noni-noni belanda dan para tentara belanda. Semoga aku menang giveaway ini. Thanks :)

    ReplyDelete
  3. Kalau menurut aku, yang menarik itu hantu-hantu luar negeri. Selain cara mereka berpakaian lebih elegan (tentu saja), cara mereka nakutinnya juga nggak kayak hantu Indonesia. Mereka cuma datang, tanpa perlu pakai cekikikan, jeritan, atau suara-suara aneh kayak hantu Indonesia macam kuntilanak. Dengan datang dan menunjukkan wajahnya aja, itu udah nyeremin.

    Aku juga pernah gitu, ketemunya sama hantu-hantu Belanda kayak yang diceritakan di buku Danur-nya Risa Saraswati, mereka nyeremin banget. Tapi sayangnya, gagal serem gara-gara aku suka sama wajah-wajah ganteng/cantik mereka :D

    Dari cara Kak Ratri me-review, aku suka, simple, dan nggak terlalu panjang menurutku. Ditambah, label yang dikasih di setiap postingan review, itu mempermudah kalau mau cari review buku yang diinginkan. Sayangnya, karena nggak terlalu panjang itulah, yang bikin review ini kerasa buru-buru untuk dipos. Hehe... Itu menurutku Kak :D Tapi, aku suka kok review Kakak yang full pakai bahasa Inggris, belajar memahami tulisan dalam English tanpa harus menterjemahkan. Hehe...

    Tapi sayangnya, komentar yang dimoderasi ini, bikin komentarnya nggak langsung terbit, jadi musti disetujui dulu sama Kakaknya, mungkin untuk ke depannya nggak perlu pakai moderasi ya, biar komentarnya langsung muncul. Heheh... But, overall, it’s nice :)) Thanks for giveaway, wish me luck :D

    ReplyDelete
  4. Kakak, aku penasaran sama generasi para setan apalagi itu juga ada urban legend. Wanna!!! :)) Dan, poin plus buku ini adalah cara 'menilai' hantu dari kaca mata sains. Kurang keceee apaa cobaaaaaa? Arghhh... so curious!
    Ini reviewnya keren. good telah menarik hati sayaaaa :9 hehe...
    Perjuangkan GA! xD
    INVESTIGASI MISTERI? Raawwrr '-')/

    ReplyDelete
  5. Kalau ditanya hantu apa yg paling menarik mah kayaknya hantu2 dari jepang ya. Tapi aku juga agak interested sama hantu2 barat soalnya ga serem2 amat malah banyak yg ganteng dan cantik :p Kalo hantu lokal mah bener2 ga ada yg menarik semua, malah nyeremin bgt apalagi pocong -_-
    Aku suka bgt isi bukunya, ttg urbanlegend, misteri, mitos dari seluruh dunia. Itu bikin penasaran bgt. Dan di buku itu ada juga cara menilai hantu dari kacamata sains. Terus ada hantu dari masa ke masa. Semua isi di buku itu membuat aku penasaran ingin membacanya. ;)

    Untuk reviewnya, sudah bagus. Cuma kurang panjang aja hehe tapi ga masalah karena udh mencakup isi buku. Thanks for GAnya :D

    ReplyDelete
  6. Setelah baca review buku ini,aku benar-benar penasaran dan semakin tertarik dengan isi dan pembahasan dalam buku ini,apalagi dengan kata-kata yang ringan dan dengan ilustrasi yang serem tapi nggak mainstream semakin membuat buku ini menarik minat untuk membaca dan bisa membuat pesan sampai ke pembaca :)
    Aku sih penasaran sama jenis-jenis hantu di Indonesia yang sangat beragam ibarat kue-kue yang tradisional indonesia yg nyentrik dan berbagai macam. hehehe :D tapi kalo untuk luar negeri sampe saat ini aku masih suka sama vampire-vampire-an bukan yang beneran :)
    Semoga dengan ikut Give Away kali ini aku bisa dapetin buku horror nan serem ini tidak lupa covernya ya w-o-w banget !! Dan pembahasan hantu yang kece yang asli banget bikin penasaran :)
    Hope me luck :) *tebargaram* *bacajampi-jampikeberuntungan* GA :))

    ReplyDelete
  7. Hantu paling menarik itu hantu yg dari barat, misal drakula. Udah ganteng, bajunya keren. wkwkwk Beda sama hantu lokal yg sering digambarin compang camping kalo di film2. Mungkin itu jg pengaruh ke masalah tingkat pendidikan kali yee?

    Regards,
    Dyah Ayu Nurinda Shabrina
    nrndshbrn@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Reviewnya sederhana, tapi secara garis besar saya sudah dapat intinya apa. Dan memang saya lebih suka baca review singkat alias yang tidak bertele-tele, tapi tetap dapat maksudnya apa. Mengenai cerita hantu memang gak pernah akan ada habisnya. Saya sendiri termasuk penggemar4 cerita begituan meskipun berharap gak ada satupun dari kisah itu yang benar-benar kejadian sama saya. Hiii.

    ReplyDelete
  9. Berhubung aku enggak suka yang namanya hantu (tapi tetep aja penasaran sama mereka) jadi ya enggak ada hantu yang aku sukai, aku ngomentari review kakak aja ya ;)
    Suka sama review kakak ;D Reviewnya sigkat, padat, jelas dan enggak bertele-tele. Jadi enggak ada yg enggak berguna :)
    O iya, kayaknya di postingan belum dikasih ratingnya ya kak? Kalo buka lewat PC mungkin tau ratingnya dari labelnya, tapi kalo lewat HP kan enggak tau kak, hehe :D

    ReplyDelete
  10. Nggak kecewa deh kalo baca review-nya Ratri...
    Sukses bikin penasaran mulu... :D

    Jadi ini buku horor yang nggak menakutkan ya? soalnya kalau realitas, jadi bikin nggak takut, kan? tapi kalau nggak bikin takut, bukan horor, kan?

    Duuuh.... Pengen bacaaaa....

    Boleh nih masuk list belanjaan bulan depan. Tapi tetep masih berdoa semoga beruntung di giveaway ini, kepengen banget buku ini, diutamakan gratis.... :D :D

    ReplyDelete
  11. Hhhm, hantu yang paling menarik?? Menurutku, pocong.. Coba aja liat betapa eksisnya sekarang dimulai dengan si arief muhammad @pocongg yang jadi ngetop karena bercerita dari sudut pandang pocong "Pocongegg Juga Pocong". belum lagi film2 bioskop yang mengangkat tema pocong sebagai tokoh utama. Trus hebatnya lagi hantu pocong ini cuma ada di Indonesia. Mungkin di negara lain namanya bukan pocong ya. Pocong juga manusia (dulunya...) :p

    ReplyDelete
  12. nice review, jangan lupa kunjungi blog investigasi-misteri.blogspot.com. selamat berkunjung

    ReplyDelete
  13. 50 kisah dari segala penjuru dunia ? Wow, fantastis bombastis. Aku beneran jadi kepengin baca buku ini. Ciyus deh, nggak boong. Lagi - lagi dibuat penasaran sama buku horror yang satu ini. Review-nya itu lho, success make me curious. Pengertian hantu dari kacamata sains itu gimana ya? Apakah betul berhubungan dengan Energi, seperti yang dikatain Pak Tegar ; guru Fisikaku sewaktu SMA? Huah ... penasaran bingiiiiit.

    ReplyDelete
  14. Wah, review nya ngebuat penasaran :D hmmm, maaauuuu deh ini novel.. hmm novel, kayaknya giudance, seperti kata review (Instead of calling this book as a novel, I prefer to call this as a guidance!) ditampah pula ada 50 kisah misteri di dalamnya.. cukup banyak loh.. jadi mau baca.. karena gak semua novel misteri menjelaskan "alam lain" itu dalam ilmu sains, sepertinya novel ini juga berpeluang untuk menyajikan hal berbeda untuk para penikmat novel horor maupun tidak. yah, sekaligus mampu menyadarkan beberapa orang tentang "alam lain" itu sendiri.. oke, ini hanya sekadar pendapat saya, saya belum pernah baca novel ini sebelumnya, hanya saja review di atas saya buat kesimpulan seperti ini.. thanks review and giveaway nya mbak :) wish me luck...!

    ReplyDelete
  15. Mau bangettt :D
    Dari liat review nya aj kyknya seru bgt isi bukunya tuh. Pngen tau lebih dalam seputar misteri2 yg trnyta bsa d jelaskan melalui kaca mata sains \o/

    ReplyDelete
  16. Kalo menurut ku semuanya serem yang namanya hantu karena pasti mereka ga ada yang bermaksud baik sama kita seringnya nakutin.... tp tetep harus beriman dan berserah sm Tuhan saja biar kita di lindungi slalu amin.
    Penasaran banget baca buku ini apalagi ada ikustrasi2nya ^^
    Semoga saya beruntung....
    Makasih banyak untuk Giveawaynya kak ^^

    ReplyDelete
  17. Review-nya keren, membuat para pembaca review merasa penasaran dengan bukunya. Apalagi di tambah screenshoot dari buku yang membuat review ini semakin menarik.Dan tentunya ingin segera memiliki bunya.

    untuk hantu yang paling menarik, mmm... mungkin bukan menarik, tapi hantu yang paling membuat saya takut adalah Hantu Tanpa Kepala. Entah kenapa, saya merasa ngeri jika melihat sesuatu yang sudah tidak utuh. Contohnya seperti mayat misalnya.
    Pokoknya saya paling takut dengan Hantu yang tidak utuh bagian tubuhnya, mau itu lengan, kaki, kepala. Yang paling Serem sih kalo tanpa Kepala. Hiiiiiihhh jadi serem..

    ReplyDelete
  18. Jujur, aku sebenarnya takut buat baca buku horor karena nanti pasti bakal jadi pikiran dan menyelinap lewat bunga tidur yang pastinya ampuh bikin aku insomnia semalaman. Lalu, kalau aku takut, kenapa aku ikutan give away ini? Jawabannya adalah karena aku kepengin ngehilangin rasa takut aku akan hal-hal seperti itu. Aku pengin bikin telur keberanian yang selama ini aku erami menetas, jadi apa salahnya aku coba ikut give away ini? Lagi pula, aku yakin, dengan membaca buku "Inestigasi Misteri" karangan Ade Chandra P, telur keberanian yang aku erami ini akan segera menetas; walau hanya retakan kecil, tapi setidaknya itu adalah awal yang baik. So, why not? Apalagi, hal ini juga masuk dalam wish list-ku ditahun 2014; berhenti memelihari rasa takut dengan coba membaca buku ber-genre horror atau thriller. :)

    ReplyDelete
  19. Beri komentar review ini atau ceritakan hantu apa sih yg paling menarik buat kamu :)

    Setelah baca review diatas, saya jadi tertarik untuk membaca lengkap seluruh buku tersebut. Saya juga penasaran fakta dibalik setiap misteri-misterinya.

    Menurut saya, hantu yang paling menarik yaitu hantu yang mempunyai sejarah. Misalnya saja hantu ditempat-tempat yang dahulunya mempunyai sejarah yang tidak bagus, seperti:
    1. Hantu-hantu korban penyiksaan dan pembantaian di Lawang Sewu
    2. Hantu-hantu korban pembantaian oleh Pol Pot di Kamboja , dll

    ReplyDelete
  20. Hantu yang paling menarik buat aku itu pocong dan zombie(?) *termasuk hantu bukan ini?
    Karena kalau pocong lompatnya itu bikin merinding, kok bisa waktu lompat lututnya enggak ketekuk? Wajahnya yang pucat pasi serr bikin merinding *lirik kanan kiri*

    Aku suka cara Kakak mereview yang langsung to-the-point. 'Recommen banget deh!' Ada ratingnya langsung jadi mudah untuk cari informasi buku sesuai ratingnya. Gak terlalu panjang juga, it's so interesting dan buat aku penasaran sama bukunya dan pengen banget baca :O Kayanya seru nih di awal tahun baca yang horor-horor :D

    ReplyDelete
  21. Hantu paling menarik buatku itu pocong sih, entah kenapa ini satu-satunya hantu yang gak pernah lepas dari "ingatan"ku sejak Serial TV Pocong diputar di salah satu TV saat aku SD sampai sekarang ._.

    Wih... review kakak keren banget! Langsung to-the-point, gak bertele-tele. Bikin aku penasaran sama bukunya, penasaran apakah aku yang "Phobia Hantu" bisa menjadi lebih berani sama hantu dengan buku ini. Apalagi katanya ada istilah-istilah sains, wih... seru banget pasti!

    ReplyDelete
  22. Waw,,reviewnya singkat padat dan jelas. Tipe-tipe review yang saya suka. Gak bikin males bacanya karena ga terlalu panjang tapi cukup memberikan gambaran tentang isi buku.

    Mengenai hantu,,hmmmm..kalo menurut saya sih hantu yang paling serem itu hantu yang gerakannya patah-patah. Saya ga pernah ketemu langsung sih sama hantu macam begini, cuman liat dari film doank. Tapi asli ngeri 100% kayanya kalo bisa ketemu hantu kaya gini, apalagi 4 mata.

    ReplyDelete
  23. Kalo menurut aku kalo dari sisi menyeramkan hantu-hantu asia jagoannya kak, habisnya kalo nonton horror asia wah pasti deh masi ada efek parno nya utk beberapa hari ke depannya! hahaha. Tapi aku sendiri lebih tertarik sama hantu luar karena dibalik penampilan yg serem ada cerita nya yg menarik. :)
    Aku sendiri sangat tertarik sama yang namanya 'dracula', soalnya banyak banget tuh versi cerita tentang jenis hantu satu ini, salah satu ceritanya nih ternyata dracula itu sebenernya adalah penyakit genetis yg dimiliki suatu turunan bangsawan, dmn mereka ga kuat kalo terkena sinar matahari, dan cma bsa kluar istana mereka pd mlm hari, dan mereka harus mnum darah spya bsa ttp bertahan hdp, ada juga versi lain yg mengatakan bahwa dracula itu sebuah komunitas org yang mnm darah utk hdp slamanya gtu, dan masih byk lagi deh versi nya

    ReplyDelete
  24. Aku suka banget cerita-cerita horror, dan pertama kali lihat cover buku ini jujur aku tertarik, covernya unik! Hmm kalau mengenai review kakak, umhh.. kurang lengkap euy, dan terlalu singkat hehe, jadi aku nggak terlalu bisa ngebayangin isi ceritanya. :)

    ReplyDelete