Friday, September 6, 2013

Radiance (Riley Bloom #1)

Judul: Radiance
Penulis: Alyson Noel
Penerjemah: Reni Indardini
Penerbit: Mizan Fantasi
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 172
Harga: Rp 34.000


... perasaan lama itu melandaku lagi. Perasaan yang menyebabkan tenggorokanku panas dan tercekat ... mataku perih ... dipenuhi kerinduan teramat sangat ... dahsyat ... aku bersedia melakukan apa saja supaya bisa kembali. Kembali ke alam fana. Kembali ke tempat aku semestinya berada.

Sejak kecelakaan mobil yang menimpa dirinya dan keluarganya, Riley telah menyeberangi jembatan menuju kehidupan barunya bersama kedua orangtua dan anjing Labradornya, Buttercup. Mereka pun tinggal di sebuah tempat yang disebut Sini, di mana waktu selalu Kini.

Namun, setelah Dewan memanggilnya, Riley pun sadar bahwa kehidupan di Sini dan Kini bukan berarti bisa selalu santai seperti yang dibayangkan. Waktu bermain Riley sudah selesai, karena Dewan telah memberikan tugas kepada Riley, sebagai seorang Penangkap Jiwa. Dan Bodhi, seorang cowok yang tampak misterius menjadi pembimbingnya. Bersama Bodhi, Riley pun diperintahkan kembali ke bumi untuk melakukan tugas pertamanya.

Mengubah persepsi umum tentang kehidupan setelah dunia fana adalah ide yang cukup menarik. Alyson Noel membawa pembaca untuk menyeberangi jembatan dan berpetualang di Sini bersama Riley Bloom dan anjingnya. Riley sendiri digambarkan sebagai sosok gadis berusia 13 tahun yang cukup rebel. Dia baru saja kembali dari 'bergentayangan' dan mendapat tugas baru yang dibimbing oleh guru culun bertampang mirip Zac Efron.

Buku ini bisa dikatakan versi fiksinya teenlit. Selain masalah yang diangkat tidak terlalu berbobot, aku merasa gaya penulisannya pun cocok untuk teenager. Cover yang digunakan patut diacungi jempol. Menurutku justru terbitan Indonesia lah yang memiliki cover paling menarik ;) Untuk segi cerita, sebagai buku pertama dalam serial Riley Bloom, aku merasa banyak sekali kekurangannya. Seharusnya pembaca diajak mengenal sosok Riley dalam keluarganya dahulu, baru melangkah ke arah dunia barunya. Menghabiskan buku ini membutuhkan waktu kurang dari sehari. Cocok untuk bacaan selingan saja. Aku bahkan tidak berniat meneruskan serial ini.

Tentang Penulis:
Alyson Noel adalah penulis #1 New York Times dan merupakan penulis dari buku FAKING 19, ART GEEKS AND PROM QUEENS, LAGUNA COVE, FLY ME TO THE MOON, KISS & BLOG, SAVING ZOE, CRUEL SUMMER, FOREVER SUMMER, KEEPING SECRETS, serial IMMORTALS, dan serial RILEY BLOOM. Saat ini dia sedang mengerjakan serial baru untuk remaja, SOUL SEEKERS--FATED & ECHO sudah bisa dijumpai di toko buku, MYSTIC & HORIZON akan menyusul di tahun 2013.

Dengan lebih dari 8 New York Times bestsellers dalam kurun waktu dua tahun, dan lebih dari enam juta eksemplar, buku karangan Alyson Noel telah diterjemahkan ke dalam 37 bahasa, terjual di lebih dari 50 negara, dan menduduki posisi bestseller di New York Times, USA Today, Publishers Weekly, Wall Street Journal, LA Times, NCIBA, dan Walmart, dan pernah meraih beberapa penghargaan seperti; The National Reader's Choice Award, NYLA Book of Winter Award, NYPL Stuff for the Teenage, TeenReads Best Books of 2007, Reviewer's Choice 2007 Top Ten,.

4 komentar:

  1. Udah ada empat seri looh.. ayook dikoleksi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Like i've said on the review, aku ngga berniat ngoleksi :P

      Delete
  2. Alyson Noel emang katanya untuk fantasinya agak-agak susah dimengerti. Kalo buat orang bule mungkin puitis, tapi kita ngga ngerti. Sama kayak Maggie Stiefvater gitu.. Tapi contemporarynya lumayan sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, terjemahannya ngga ada puitis2nya sama sekali

      Delete