Saturday, April 9, 2016

Book Review: The Alpha Girl's Guide by Henry Manampiring


the alpha girl's guide henry manampiring gagas media

Judul: THE ALPHA GIRL'S GUIDE
Penulis: Henry Manampiring
Penerbit: Gagas Media
Terbit: November 2015
Format: Paperback
Tebal: 253 halaman
ISBN: 9789797808488
Harga: Rp 65.000
Rating: 5/5 stars

--------------------------------------------------------------------------------------------------

To be honest, aku belum pernah baca buku motivasi (kecuali kamu menganggap buku-buku Mitch Albom termasuk motivasi). Sebab, aku merasa buku motivasi itu membosankan dan kebanyakan menggurui. Siapa sih yang suka digurui? Apalagi anak zaman sekarang kan kritis banget. Mereka pasti punya jawaban untuk semua jawaban (entah benar atau salah). Tapi, saat baca buku Om Piring ini, aku sama sekali nggak merasa digurui. It's true. Aku mem-follow Om Piring di Ask.fm dan aku personally suka jawaban-jawabannya. Agak ''slengekan'' mungkin? Padahal Om Piring bukan generasi Z, tapi dia cool banget. Aku selalu rela stalking Ask.fm-nya setiap membuka aplikasi itu (kecuali jawaban tentang jam tangan ya). Well, enough praising, let's get to what's inside the book!

''Dalam hidup ini tidak ada yang pasti.'' [halaman 24]
Sepertinya quote itulah yang selalu aku iya-iya kan. Dalam The Alpha Girl's Guide, Om Piring ngasih banyak banget quote yang relatable. Thanks to his followers yang sering bertanya tentang kegalauan perempuan, Om Piring akhirnya bisa menulis buku yang berisi rangkuman jawaban dan sekaligus menjadi guide untuk menjadi seorang Alpha Female. Bukan guide yang paten sih. Tentu aku nggak bisa melaksanakan semua himbauan Om Piring dalam buku itu. Tapi, at least tulisannya bikin pikiranku terbuka (isn't that the book's goal?) dan introspeksi diri.

Mulai dari pentingnya pendidikan sampai pernikahan, semua dibahas tuntas. Oleh karena itu, kalau kamu jadi temanku di Goodreads (kalau belum, add ya!), kamu mungkin notice kalau aku mulai membaca buku ini sejak Januari. Wow, kok lama? Well, membaca buku ini memang harus diresapi (bagiku sih). Di awal buku, Om Piring juga menghimbau pembacanya buat kritis, nggak menelan mentah-mentah tulisannya. I did that dan hasilnya ya sekitar dua bulan proses membaca itu hehehe. Sering kali aku merasa, "Lho, nggak gini harusnya," atau "Ah, nggak juga." I don't blame him tho. Tapi, pengalaman membaca yang seperti itu ternyata sangat menarik. Biasanya kan pembaca cuma bisa fangirling tokoh utama atau nge-bully villain.

Selain itu, bahasa yang dipakai benar-benar enteng, tapi nggak picisan (tahu kan picisan itu yang gimana?). Waktu baca The Alpha Girl's Guide tuh kayak "duh, aku keren banget." Yap, kadang aku pernah merasa nggak pede menenteng kemana-mana buku yang harus aku baca. Sayangnya, buku ini bikin aku menoleh ke belakang. Mengingat-ingat kejadian yang sudah terjadi. Mulai dari alasanku nggak pernah mem-bully orang (berdasarkan fisik) sampai sikapku ke orang ketiga. That's why aku nggak mau terlalu panjang menulis review buku ini. Bawaannya pengin curhat, Sob!

Overall, aku sangat merekomendasikan buku ini buat semua orang yang mau membaca. Nggak cuma cewek ya. Buku ini mungkin bisa menginspirasi cowok-cowok juga (penulisnya aja cowok lho). Aku bersyukur bisa membahas buku ini di halaman DetEksi Jawa Pos (sekarang berubah nama jadi Zetizen) pada Desember tahun lalu. Aku berharap halaman itu menginspirasi banyak orang buat membaca sih. Pssst... Yang mau baca, coba check website BukaBuku. Lagi ada diskon besar tuh!

"Great minds discuss ideas. Average minds discuss events. Small minds discuss people." - Henry Thomas Buckle [halaman 62] 

2 komentar:

  1. Dapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog Anda dengan bergabung dengan Pemasaran Afiliasi dari salah satu toko buku online Indonesia.
    Dengan mereferensikan pengunjung website/blog Anda ke Belbuk.com melalui klik pada link afiliasi, dan apabila pengunjung tersebut berbelanja buku di website kami, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 5% dari dari total pembelian. Tidak hanya itu, anda akan mendapatkan komisi secara terus-menerus dalam setiap pembelanjaannya, selama pelanggan tersebut mengakses dari komputer yang menyimpan cookie yang telah mengandung kode afiliasi Anda.

    Bergabung sekarang juga: http://www.belbuk.com/afiliasi

    Terimakasih.

    ReplyDelete